// irfan // On-Sabtu, 11 Februari 2012

Mungkin kegiatan belanja online sekarang sedang naik daun. Pasalnya kegiatan belanja online merupakan kegiatan yang sangat mengasikan. Cukup dengan mentransfer sejumlah uang, kita sudah bisa mendapatkan berbagai macam barang belanjaan. Dan salah satu kemudahan yang tidak bisa ditinggalkan oleh para pembeli online adalah kemudahan dan banyaknya ragam barang dagangan yang bisa dipilih secara bebas tanpa harus cape keliling kota.
Tetapi dibalik semua kemudahan tersebut, tentunya ada resiko yang cukup besar. Apalagi yang namanya berbelanja online proses pembayarannya juga kebanyakan tidak dilakukan secara langsung, hanya lewat transfer saja (kecuali COD yang pembeli dan penjual bertemu langsung untuk bertransaksi). Oleh karena itu kita harus hati-hati dan ekstra waspada dalam berbelanja secara online.
Agar belanja online Anda lebih aman dan nyaman ada sedikit tips Cara Aman Belanja Online berikut ini:
  1. Cermati ikon pada browser
    Sebuah browser akan menampilkan ikon tertentu jika situs yang dikunjungi tidak aman atau memiliki status berbahaya. jika browser menampilkan ikon unsecure, abaikan saja situs tersebut.
  2. Cari situs dengan logo SSL
    hampir sama dengan tips nomor 1, perhatikan logo SSL pada bagian bawah browser sobat. Logo SSL merupakan teknologi standar keamanan yang mana akan melindungi proses transaksi.
  3. Jangan langsung tertarik dengan harga murah
    Harga terlalu murah yang cenderung tidak masuk akal kadang merupakan jebakan untuk mengelabui pembeli.
  4. Hati-hati jika memberi informasi
    Jangan pernah untuk memberi tahu berbagai informasi mengenai data keuangan sobat, seperti nomor PIN, password. Karna para pedagang tidak membutuhkan hal itu, jadi jika ada yang menanyakan hal tersebut lebih baik diabaikan saja.
  5. Periksa identitas/status penjual
    Sebaiknya Hati-hatilah jika pedagang hanya mencatumkan nomor telepon serta alamat email yang gratisan. dan Periksa apakah penjual tersebut memiliki alamat yang jelas.
  6. Jika masih ragu, abaikan saja
  7. Tampilan yang menarik dan murah. inilah yang bisa dijadikan semacam jebakan oleh situs online ilegal/palsu untuk menarik korbannya. Oleh karena itu jika Sobat masih ragu, lebih baik cari situs lain yang sudah lebih terpercaya.
Demikian informasi yang bisa sobatpc.com sharing, semoga bisa memberikan manfaat bagi pengunjung semua, terima kasih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments