// irfan // On-Sabtu, 09 April 2011

Semua web atau blog pasti mempunyai awal mulai kelahiran, biasanya berupa asal mula inspirasi sebenarnya dari mana asal mula web atau blog tersebut berdiri, tak terkecuali twitter. Jejaring sosial saingan facebook ini tentunya juga mempunyai cerita tentang awal mula kehadirannya. Ternyata ada hal menarik dibalik berdirinya atau kelahiran dari twitter. BAGAIMANA awal kelahiran Twitter? Jack Dorsey pendiri Twitter ini mengemukakan awal mula munculnya mikroblogging yang sangat populer tersebut.

Seperti dilaporkan Telegraph, Jack Dorsey saat masih muda terobsesi dengan peta. Dia ingin sekali membuat peta yang bisa dimasukkan ke perangkat lunak. Pada saat itu Dorsey berpikir, setiap sopir yang bekerja di tempat pengiriman barang bisa terbantukan dengan adanya peta yang sifatnya mobile ini.
Apalagi pria kelahiran St Louis, AS, 19 November 1976 itu pada 2001 bekerja di perusahaan pengiriman barang. Sepanjang dia bertugas, pikiran Dorsey terobsesi dengan peta yang bisa diaplikasikan ke telepon genggam.
Sebagai seorang arsitek di dunia teknologi komunikasi, Dorsey terpaksa mengubur keinginan membuat peta berjalan ini. Dia justru menemukan sebuah ide yang tidak jauh dari urusan lokasi.
Suatu hari Dorsey menulis beberapa kode di ponsel pintarnya Blackberry. Dia sengaja membuat daftar email teman-temannya. ”Kemudian saya menuliskan, hai aku sedang di Golden Gate Bison Park. Lalu saya kirimkan ke seluruh teman lewat e-mail itu. Itu tweet pertama saya pada 2006,” kata Dorsey.
Kemudian beberapa teman menjawab dan menanyakan mengapa Dorsey harus repot-repot memberitahu teman-temannya. ”Saya hanya berpikir bahwa pesan itu meski pendek tetapi tepat waktu,” ujar Dorsey yang kini mendirikan perusahaan Square.
Dorsey menjelaskan pada 2006 tren yang sedang terjadi di dunia telekomunikasi adalah pengiriman pesan singkat (SMS). ”Di Amerika Serikat, kami tertinggal di belakang Eropa dalam hal adopsi teknologi tertentu. Seperti SMS merupakan contoh baik awalnya sebuah tweet. Dan selama ini kami sudah 10 tahun di belakang Inggris dalam hal teknologi komunikasi. Oleh sebab itu Twitter pun baru lahir belakangan ini, belajar dari teknologi SMS,” ujarnya.
Dorsey terbilang cukup sukses di dunia bisnis. Dia terpilih majalah Time, sebagai pebisnis sukses yang usianya di bawah 35 tahun. Obsesinya membuat peta berjalan seperti Foursquare akhirnya terpenuhi. Dalam Twitter pun kini tersedia aplikasi lokasi.
Kini Twitter berkembang pesat. Mikroblogging yang didirikan pada 2008 bersama kedua rekannya Williams dan Stone, telah memiliki kurang lebih 200 juta pengguna. Sedikitnya 1 miliar tweets diposting selama seminggu.
Dari Golden Gate Bison Park ini, akhirnya warga dunia bisa disatukan dalam sebuah wadah Twitter. Mereka berbicara apa saja, dan menambah pertemanan yang sifatnya global.
referensi : http://www.artikelkomputer.net/2011/03/teknologi-sms-awali-lahirnya-twitter.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments