// irfan // On-Minggu, 10 April 2011

Virtual memory diperlukan jika RAM utama sudah mulai kehabisan. Virtual memory ini sebenarnya hanya merupakan RAM virtual yang dibuat dengan memanfaatkan kapasitas yang ada didalam harddisk. Mengingat kecepatan harddisk sangatlah lambat, maka sebisa mungkin kita harus mengesetkan agar program yang sedang bekerja semuanya tersimpan didalam RAM utama. Untuk efektifitas dan alasan performa kita juga bisa mensetting besarnya virtual memory agar bisa bekerja lebih maksimal dan pada artikel kali ini sobatpc.com akan sedikit sharing tentang cara mensetting virtual memory di windows xp

Data yang digunakan oleh komputer ketika Anda membuka sebuah aplikasi sering disimpan dalam memori utama (RAM dan ROM), tetapi dalam banyak kasus terlalu kecil untuk menyimpan semua data yang digunakan oleh komputer. Data yang jarang digunakan disimpan di hard drive yang disebut “Virtual Memory”.
Mungkin Anda punya banyak kali pesan: “minimum Virtual Memory terlalu rendah” dan komputer Anda tiba-tiba menjadi lambat. Untuk memperbaikinya, pergi ke Control Panel -> System -> Advanced. Di bawah bagian “Performance”, tekan “Pengaturan”, kemudian pilih tab Advanced lagi. Kategori terakhir adalah Virtual Memory, tekan Ubah untuk mengubah nilai. Anda bisa mengubahnya menjadi lebih besar agar bisa menampung data-data yang digunakan oleh komputer Anda.
Anda akan mendapatkan daftar dengan semua partisi anda. Untuk setiap anda perlu menentukan berapa banyak ruang memori virtual dapat digunakan. Saya sarankan Anda untuk memiliki memori virtual pada partisi tunggal. Melakukan hal ini akan mengurangi waktu untuk mendapatkan data dari memori virtual.
Untuk partisi di mana Anda ingin membuat virtual memory, pilih “Custom size”. Anda harus menentukan memori awal dan maksimal. Untuk ukuran awal, memberikan nilai sama dengan Memory RAM Anda, dan untuk maksimum, dua kali. Ini bukan sebuah aturan, Anda dapat memilih jumlah yang Anda inginkan selama komputer Anda bekerja. Jika Anda masih mendapatkan pesan: “Virtual Memory Minimum terlalu rendah”, maka tingkatkan kembali nilai ukuran awal yang anda setting tadi. Selamat mencoba…
referensi : http://seputarkomputer.blogspot.com/2011/01/cara-me-ngeset-virtual-memory-di.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments