// irfan // On-Selasa, 31 Januari 2012


Ketika komputer kita rusak sistem operasinya, maka mau tidak mau kita harus memperbaikinya. Tetapi mungkin ketika sistem komputer tersebut rusak, masih ada beberapa file yang sifatnya sangat penting belum sempat kita copy dan kebetulan juga lokasinya ada di C yang akan hilang ketika komputer tersebut di install ulang sistem operasinya. Nah untuk mengatasi hal tersebut, maka kali ini sobatpc.com akan sharing Cara BackUp & Delete File Dengan Puppy Linux Live USB, yang proses awalnya bisa menggunakan bantuan komputer lain yang masih bisa digunakan.
Persiapan :
  1. Siapkan USB FlashDisk (minimal ukuran 256 MB)
  2. Download file ISO Puppy Linux di sini atau di sini
  3. Download UNetbootin di sini
  4. Komputer / Laptop yg sehat
Langkah-langkah yang bisa anda coba adalah sebagai berikut :
  1. Jalankan UNetbootin, pilih source file ISO Puppy Linux (gambar 1-3)



    2.Tunggu hingga proses instalasi selesai, sampai ada konfirmasi untuk meminta restart / reboot (gambar 4-5) 3.Pada saat restart / reboot, segera ubah boot priority ke USB FlashDisk dan tunggu sampai masuk ke Desktop Puppy 
4.Pada saat muncul Dialogue Box untuk Personalize Settings, isi / sesuaikan dgn komputer / laptop anda (gambar 6-10)



  1. Bila diminta untuk merestart X-server pilih YES
  2. Pada saat pertama kali menggunakan Puppy Linux mungkin akan terasa agak aneh. Karena fungsi klik kiri pada mouse adalah sebagai “one click to open file & folder”, dan untuk mengubahnya, klik icon “file” di pojok kiri atas hingga muncul sebuah window baru. Klik kanan pada bagian yg kosong di window tersebut dan pilih Options. (gambar 12-13)
  3. Selanjutnya, pada bagian “Filer windows”, buang ceklis pada “Single-click navigation”
  4. Lakukan hal yg sama pada bagian “Pinboard”, buang ceklis pada “Single-click to open”
  5. Pada gambar berikut ini, contoh folder yg akan dihapus adalah Folder RECYCLER, $RECYCLE.BIN & System Volume Information (yg mana seperti kita ketahui bahwa ketiga folder ini tidak bisa dihapus melalui OS Jendela). Dan untuk Folder System Volume Information, kita bahkan tidak bisa membuka / melihat isinya tanpa bantuan software pihak ketiga (contoh : TuneUp Disk Explorer). sda1, sda2 & sda3 adalah drive partisi dr HDD dan sdb1 adalah USB FlashDisk tempat menginstal Puppy Linux (bila pada OS Jendela = Drive Letter)
  6. Isi dari folder System Volume Information
  7. Size dari folder System Volume Information
  8. Isi dari folder RECYCLER
  9. Size dari folder RECYCLER
  10. Isi dari folder $RECYCLE.BIN
  11. Tandai ketiga folder tersebut, klik kanan, dan delete
  12. Pada saat muncul Dialogue Box untuk konfirmasi delete, pilih option Force & Quite
  13. Ketiga folder tersebut sudah hilang
  14. Untuk mengcopy / move suatu file / folder, cukup dgn membuka / mounting drive tempat file / folder tersebut berada, lalu drag file / folder tersebut dari drive sumber ke drive tujuan. Opsi copy ataupun move akan muncul setelah anda men-drop file / folder tersebut di drive tujuan.
Demikian apa yang bisa sobatpc.com sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih.
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments