// irfan // On-Sabtu, 10 Desember 2011

Salah satu cara paling efektif untuk mengamankan data atau sistem kita adalah dengan menggunakan Password atau Kata Sandi. Password ini bisa diibaratkan seperti kunci yang dipakai untuk membuka gembok. Biasanya password itu berupa kumpulan karakter atau angka yang disusun sedemikian rupa sehingga sifatnya rahasia dan sulit ditebak, namun tentunya mudah diingat oleh pembuatnya. Terkadang kita, bahkan orang yang sudah lama bergelut di dunia IT, tidak terlalu memperhatikan hal ini, misalnya untuk akses ke sebuah database, terkadang password dan username itu dibuat sama. Padahal ini termasuk hal yang beresiko. Nah dibawah ini saya coba share hal-hal yang bisa kita hindari saat membuat password.

1. “Password”

Saat membuat password sebaiknya hindarilah  membuat password seperti “password”, atau variasinya seperti “pa55word”. Jangan juga dibalik seperti “drowssap”.

2. Nama atau Informasi Pribadi

Password yang kita buat sebaiknya jangan menggunakan nama kita, istri/anak/nama hewan peliharaan atau informasi pribadi lainnya yang berhubungan dengan mereka. Tidak juga tanggal ulang tahun, nama panggilan, nomor rumah, nomor telpon, alamat, nomor KTP. Dan bukan orang yang dekat dengan kita.

3. Kata-Kata di Kamus

Hindari juga penggunaan kata-kata yang bisa ditemukan langsung di dalam  kamus seperti “sepakbola”,  atau dalam  kamus asing seperti “football” dan sebagainya. Karena ada program yang menggunakan kamus dan melakukan bruteforce dengan menggunakan kata-kata yang ada dalam  kamus tersebut untuk membongkar password tersebut.

4. Huruf atau Angka Berurutan

Jangan juga menggunakan password berupa huruf  yang berurutan, terutama yang dapat kita lihat di keyboard seperti “abcdef”, “qwerty” atau “123456”.  For example, “qwerty” or “mnbvcxz” or “34567?.

5. Huruf Awal/Akhir berupa Angka atau Karakter Spesial

Beberapa hacker/cracker memiliki program untuk menghilangkan karakter awal atau akhir dari password sebelum mencoba melakukan brute-force ke sistem kita.

6. Karakter Pengganti / Alay

Terkadang kita menggunakan karakter pengganti seperti a diganti 4, s diganti 5 untuk password kita. Misalnya rahasia menjadi “r4h4sia”, atau password menjadi “pa55w0rd”, atau yang biasa kita lihat di kamus alay. Hal-hal seperti ini sudah ditebak oleh hacker/cracker dan juga sudah banyak dimasukkan dalam  program  untuk serangan brute-force.

7. Tidak Pakai Password

Beberapa dari kita mungkin sama sekali tidak melindungi sistem-nya dengan menggunakan password.  Sebaiknya hal ini dihindari sekali, apalagi apabila kompute kita terkoneksi ke jaringan apalagi memiliki akses internet.

8. Men-share password dalam email, dokumen dan sejenisnya

Beberapa hacker melakukan phising klasik dengan mengirim email kepada pengguna bahwa bank telah  men-suspend account kita dan officer di bank membutuhkan  password untuk mengaktifkan kembali account kita. Jangan pernah mengirimkan username dan password kita untuk mengirim password. Seorang System Administrator sama sekali tidak membutuhkan password untuk ini, karena mereka sudah memiliki otorisasi untuk membukanya.
Jangan mengirim password lewat email, SMS, BBM dan sejenisnya, dimana orang lain bisa membaca passwod kita. Hati-hatilah dalam menshare password anda.

9. Menggunakan kembali Password lama

Saat kita mengganti password, sebaiknya  jangan  menggunakannya kembali untuk waktu yang lama. Misalnya selama satu tahun.

10. Password yang sama untuk beberapa situs

Sebaiknya dihindari juga menggunakan password yang sama saat kita melakukan registrasi ke situs-situs tertentu. Sebaiknya dibedakan antara password untuk situs email seperti yahoo, gmail, atau situs social network seperti facebook dengan password untuk masuk ke situs-situs yang baru kita kenal.

11. Menulis password kita

Beberapa orang menulis password mereka pada sebuah kertas kemudian menempelnya di dekat komputer atau pada dinding atau meja atau diselipkan pada buku-buku. Hal ini sebaiknya juga dihindari karena beresiko untuk ditemukan dan dibaca orang lain.
Selamat mencoba.
sumber:http://ruangsoftware.com/2011/09/12/11-hal-yang-harus-dihindari-saat-membuat-password/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments