// irfan // On-Selasa, 13 Desember 2011

Banyak kantor, sekolah, kampus atau pemerintahan yang saat ini menerapkan kebijakan untuk memblokir situs-situs berita atau jejaring sosial seperti MySpace, Facebook, Bebo, Hi5, Orkut dan sebagainya. Mungkin kita juga pernah mendengar diberita tentang negara-negara yang memberlakukan aturan ketat mengenai internet di negaranya, seperti negara cina yang melarang situs google di negaranya, atau negara Saudi Arabia yang memblokir banyak situs yang dianggap berbahaya. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuka situs-situs yang diblokir tersebut, untuk mencobanya coba ikuti tips-tips di bawah ini. 1. Gunakan alamat IP pada URL ketimbang nama domainnya langsung : Metode ini mudah diterapkan namun tingkat kesuksesannya rendah. Misalnya daripada mengetik www.orkut.com, kita bisa mengetikkan alamat IP dari situs yang diblokir tersebut.Software yang dapat kita pakai untuk mengetahui IP dari sebuah domain salah satunya adalah Host2ip. Jika software ini bisa melacak alamat IP dari sebuah situs yang diblok maka cara ini dapat berhasil.
2. Gunakan situs Anonymous : Ada banyak situs di internet yang memungkinkan kita untuk berselancar di internet dalam mode anonymous. Beberapa situs ini menyediakan pilihan untuk mengenkripsi url dari website. Proxy dari situs-situs ini akan menyembunyikan alamat IP kita yang sesugguhnya dan akan menampilkan alamat IP yang lain, sehingga bisa mencegah situs diblok. Berikut beberapa daftar proxy server yang dapat kita gunakan untuk meng-akses situs yang diblokir.
http://www.anonymizer.com http://www.dailybestlinks.com/
http://anonymouse.org/ http://www.spysurfing.com
http://proxify.com/ http://alienproxy.com
http://www.bumsk.com/proxy http://indianproxy.c


3. Gunakan Situs Translasi Online : Beberapa situs penyedia jasa terjemahan seperti Google Translate, Yahoo Babelfish dapat menerjemahkan halaman situs dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Triksnya simpel, masukkan alamat URL situs yang diblok pada situs penerjemah itu kemudian samakan bahasa asal dan bahasa tujuan. Misalnya situs itu dalam bahasa Inggris, terjemahkan juga dalam bahasa Inggris. Ini bisa membantu kita mengakses hampir semua situs yang diblokir.
4. Gunakan Google Mobile Search : Dengan menggunakan Google mobile services maka situs yang kita buka akan tampil dalam HTML murni. Tapi kita tidak akan mendapatkan pengalaman seperti saat kita mengakses situs dengan browser normal. Misalnya fitur seperti javascript, flash dan sebagainya akan mati. Namun hal ini bisa membantu kita mengakses situs yang diblokir.
5. Mengirimkan Isi Situs sebagai Email : Salah satu situs seperti Web2mail bisa mengirimkan sebuah situs dalam bentuk email. Namun sayangnya tidak bisa untuk situs-situs yang besar ukurannya. Tapi setidaknya kita bisa melihat content dari situs yang ingin kita akses.
6. Menggunakan Google Cache : Google Cache atau istilahnya tembolok, biasanya menyimpan history versi dari suatu website. Coba saja Anda melakukan pencarian terhadap situs-situs yang diblokir maka kita akan melihat sebuah link disebelah kanan halaman hasil. Cara ini biasanya berhasil untuk melihat isi website yang diblok, tapi tentunya informasi yang ditampilkan tidak up-to-date dan terbatas sekali.
7. Menggunakan Metode Penyingkatan URL :  Situs-situs yang diblokir biasanya dimasukkan alamatnya ke dalam daftar situs yang diblokir, untuk mengatasi hal ini kita bisa mencoba menyingkat URL tersebut dengan beberapa situs layanan seperti tinyurl, MooURL, snipurl. Cara ini juga punya kesempatan berhasil untuk mengakses situs-situs yang diblokir.
8. Gunakan Layanan Wayback Machine : Wayback machine adalah sebuah layanan internet yang secara periodik menyimpan salinan dari sebuah situs dimulai saat pertama kali dia dijalankan. Jadi kita bisa mendapatkan salinan yang paling mendekati dengan versi up-to-date-nya. Metode ini juga bisa dipakai untuk mengakses situs-situs yang diblokir.
9. Gunakan Torpark : Torpark adalah kombinasi dari TOR dan Mozilla Firefox, bekerja seperti browsemr dengan Mozilla Firefox sebagai mesin utamanya. Keuntungannya adalah semua data yang dikirimkan dari PC kita dalam kondisi terenkripsi. Cara ini juga bisa berhasil untuk mengakses webseite yang diblokir oleh ISP (Internet Service Provider).
10. Buat Private SSL Proxy: Psiphon adalah sebuah layanan yang dapat membantu kita untuk membuat proxy SSL private. Cara ini bisa mencegah ISP untuk memblok content. Jadi kesempatan kita untuk mengakses situs yang diblokir bisa lebih besar. Untuk mendapatkan software ini kita bisa berkunjung http://psiphon.civisec.org.
11.  Gunakan Tunnel Connection atau HTTP Tunnel : Cara ini berpeluang lebih besar untuk mengakses situs yang diblokir. Tunneling ini sebenarnya bukan pekerjaan yang mudah, sehingga kita perlu bantuan software untuk melakukannya. Salah satu software tersebut adalah Toonel. Berikut ini contoh bagaimana menggunakan toonel untuk men-tunnel koneksi internet dan mengakses situs yang diblokir.

- Pertama Download Toonel. Karena Toonel ini berbasis java, maka pastikan komputer kita sudah terinstall java. Untuk mengeceknya coba dari Command Prompt ketik java –version. Nanti akan muncul versi JVM yang diinstall di mesin kita.
- Setelah men-download Toonel kita akan melihat sebuah file dengan ekstensi .jar. Hal yang harus kita lakukan hanyalah menjalankan file tersebut.
- Kemudian buka browser Anda (Jika menggunakan Internet Explorer coba klik Tools > Internet Options > Connections > LAN Settings) kemudian pada koneksi set alamat proxy menjadi 127.0.01 dan port menjadi 8080. Cara yang sama berlaku untuk browser yang lain.
- Jika berhasil maka kita bisa mengakses situs yang diblokir dengan mudah.
12.  Yauba :Yauba adalah sebuah web service, yang mengklaim satu-satunya search engine paling aman dalam menjaga privacy di dunia. Saat membuka website menggunakan Yauba maka trafik akan lari di server mereka bukan ditempat kita.
13.  Screen-Resolution.com :Screen Resolution Checker adalah sebuah situs yang memungkinkan kita untuk melihat web kita dalam ukuran-ukuran tertentu. Karena situs yang akan diakses diproses di server mereka. Dan cara ini merupakan salah satu cara terbaik untuk melihat kondisi website kita. Kita juga mengklik link2 yang ada di website, seperti browsing secara normal.
sumber:http://ruangsoftware.com/2011/04/08/13-tips-mengakses-situswebsite-yang-diblokir/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments