// irfan // On-Jumat, 09 Desember 2011

Bayangkan Anda sedang asyik-asyiknya bekerja di tengah malam, tiba-tiba tampil pesan agar Anda memasukkan kertas ke printer, karena ada yang ingin dicetak. Tidak perlu kabur ketakutan mencari pengusir hantu. Sebaiknya, Anda mencari antivirus.

Aksi Virus Excel

Virus ini meniru icon aplikasi Microsoft Excel. Pengguna yang tidak waspada dapat terjebak menjalankan file virus, karena mengira file tersebut adalah file spreadsheet Excel. Jika telah aktif, virus akan menduplikasikan dirinya pada hard drive dengan nama, antara lain Keuangan.exe, Backup.bat, Exel. exe, Kas.exe, dan masih banyak lagi. Removable disk seperti flash disk juga tidak luput dari penyebarannya. Flashdisk akan ditulis berulang-ulang dengan file Exel.exe, Kas.exe, dan Data69Exel. exe. Jika flash disk dilengkapi dengan lampu indikator, akan terlihat proses flash disk yang terus bekerja menulis file-file tersebut. Cara ini menyebabkan file *.exe yang diciptakan virus bisa saja tidak sempurna tercipta (berukuran 0 byte arau kurang dari ukuran yang sesungguhnya), jika flash disk dicabut paksa.
Virus juga berusaha melindungi dirinya dengan memblok aktivitas yang tidak dikehendakinya, seperti membuka Task Manager, yang akan menyebabkan komputer restart dengan sendirinya. Pada jam-jam tertentu (antara lain pukul 08:05, 14:25), virus akan menjalankan beberapa perintah command prompt.
Perintah-perintah yang dieksekusi adalah (ada pada file yang diciptakan virus, bernama Click.bat dan Office. bat):

clip_image002
Perintah ini untuk mempertahankan eksistensi file virus dan atributnya, serta membuat registry sehingga virus dapat terus otomatis tereksekusi saat masuk Windows, juga men-disable Registry-Tools.
Aksi lainnya digunakan untuk menguji ketahanan jantung Anda. Pada jam-jam tertentu pula, ia akan menampilkan pesan yang meminta Anda memasukkan kertas ke dalam printer, dengan latar belakang karakter The Ghostly Trio (Fatso, Fusso, Lazo) dalam film Casper. Jika Anda benar-benar memasukkan kertas, dan membiarkan virus melakukan proses print, akan tercetak tulisan sebagai berikut:
NUMPANG CETAK YA?
SOALNY A PRINTER SAYA LAGI ERROR
JANGAN DIBACA ISINYA KARENA ANDA PASTI TIDAK BISA MELIHAT
KECUALI DIBACA JAM 12 MALAM NANTI SAMA SAYA
SAYA KASIH TAU DIKIT YA.. ISINYA TENTANG KEKAYAAN BOS SAYA
KALAU MAU TAHU SEMUANYA TUNGGU SAJA. hi….hi… hi..hi..hi…
Walaupun sekilas penuh humor, tetapi hati-hati terhadap virus ini. Karena jika Anda memiliki root drive G, H, dan I yang dapat ditulis, virus akan mencari file *.ppt, *.cob, *.doc, dan *.xls dan membuat duplikat virus dengan meniru nama file korban tersebut, tetapi tenor saja dengan ekstensi *.exe, dan menggunakan icon Excel, dan merupakan file virus. Bagaimana nasib file asli? Virus akan menghapusnya, khusus untuk file- file yang berada pada root drive. Jika file berada dalam folder, virus hanya akan menduplikasi file virus dan meniru nama file, tetapi tidak menghapus file asli.

Pembasmian Virus Exel

Anda dapat menggunakan PCMAV atau SMADAV  edisi terbaru telah disempurnakan pada edisi ini untuk membasmi virus Excel. Pastikan scan seluruh media penyimpanan, untuk meyakinkan tidak add file virus yang tersisa. Untuk pencegahan virus sejenis, waspada jangan sampai terkecoh oleh icon aplikasi yang mudah ditiru oleh virus, dan perhatikan ekstensi file sebelum menjalankan file tersebut. Jangan sampai menjalankan file yang mencurigakan.
Ok selamat mencoba.
sumber:http://ruangsoftware.com/2011/03/09/virus-exel-virus-hantu-printer/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments