// irfan // On-Jumat, 09 Desember 2011

Selama beberapa tahun terakhir ini seiring dengan perkembangan internet, malware juga berkembang semakin banyak, selain itu software Anti-Malware juga menjadi semakin mahal. Padahal, percaya atau tidak, masih ada cara ntuk melindungi komputer kita dari gangguan malware secara gratis. Berikut ini beberapa software gratis yang dapat kita pakai untuk memproteksi komputer kita dari gangguan malware.

Ad-Aware Free Internet Security
Meskipun pada awalnya dirancang sebagai produk untuk mendeteksi adware, Lavasoft Ad-Aware telah berkembang menjadi produk antimalware lengkap. Ad-Aware Free Internet Security menyediakan perlindungan real-time terhadap spyware, rootkit, dan banyak lagi. Ia juga memiliki utility bernama The Neutralizer yang dapat digunakan untuk membersihkan PC yang telah terinfeksi.
Avast Free Antivirus
Avast menjual suite keamanan yang menyeluruh, tetapi menyediakan produk antivirus/antispyware dasar secara gratis untuk user rumahan. Dalam berbagai forum, terdapat tulisan dari orang-orang yang mengklaim bahwa Avast memberikan perlindungan yang lebih baik daripada beberapa produk komersial.
AVG Anti-Virus Free Edition
Meskipun tidak sempurna, AVG terlihat sama baiknya dengan sebagian besar produk antimalware komersial. AVG edisi free memberikan perlindungan dasar terhadap virus dan spyware. Pengembangnya juga menawarkan suite keamanan yang lebih komprehensif bernama AVG Internet Security. Suite ini menawarkan perlindungan antimalware sama halnya dengan edisi free, tetapi juga menyediakan perlindungan real-time terhadap pencarian internet dan situs jejaring social.
Comodo Antivirus
Software ini mengambil pendekatan perlindungan yang berbeda dengan kebanyakan produk antivirus lainnya. Comodo didasarkan pada gagasan bahwa tindakan yang ceroboh bila kita membiarkan kode berjalan tanpa terlebih dahulu membuktikan dirinya bisa dijinakkan. Jadi, Comodo menerapkan serangkaian penyangkalan sampai kode yang membuktikan dirinya dapat dipercaya. Untuk menjaga software supaya tidak terlalu cerewet, Comodo menjalankan kode yang tidak dikenal di sandbox di mana perilaku kode dapat dipantau tanpa khawatir merusak system.
GMER
Tidak mudah untuk menemukan rootkit. Untungnya, GMER merupakan salah satu yang terbaik dalam mendeteksi dan menghapus rootkit.
HijackThis
Software ini dirancang untuk melaporkan file dan setting registry kritikal yang sering rentan terhadap infeksi virus. Hal yang membuat HijackThis sulit untuk digunakan adalah ia tidak membuat perbedaan antara entri berbahaya dan aman. Hasilnya, Anda dapat melakukan kerusakan yang lebih parah kecuali Ada tahu apa yang Anda lakukan. Meskipun demikian, HijackThis tetap bisa dijadikan pilihan.
McAfee Virus Removal Tool
Software ini membuat produk antivirus komersial, tetapi juga menawarkan beberapa tool gratis untuk menghapus virus. McAfee menawarkan tool untuk menghilangkan Sasser, Bagle, ZAFI, Mydoom, Lovsan/Balster, Klez, dan Bugbear. Anda dapat mendownload semua tool di http://home.mcafee.com/VirusInfo/VirusRemovalTools.aspx.
Microsoft Baseline Security Analyzer
Software ini adalah tool untuk mendeteksi setting konfigurasi yang tidak aman dan memeriksa semua produk Microsoft yang securitinya belum di-update.
Microsoft Security Essentials
Software ini menyediakan perlindungan antivirus gratis bagi pengguna rumahan melalui aplikasi yang relative baru yang bernama Microsoft Security Essential. Software ini menggunakan teknologi ForeFront yang sama seperti pada software antimalware Microsoft kelas atas. Perbedaannya adalah Microsoft Security Essentials hanya tersedia untuk pengguna rumahan dan bisnis kurang dari sepuluh desktop Windows.
Malicious Software Removal Tool
Meskipun bukan tool antivirus yang komprehensif, software ini melakukan pekerjaan yang baik dalam mendeteksi dan menghapus virus yang paling umum.
PC Tools Free AntiVirus
Software ini adalah program antivirus/anti-spyware yang dirancang untuk melindungi desktop Windows terhadap berbagai bentuk malware. Selain kemampuan deteksinya, PC Tools mempunya fitur bernama Search Defender yang dirancang untuk memperingatkan kita tentang website yang tidak aman (atau situs phising) sebelum kita mengklik mereka. Software ini juga mempunya File Guard yang memonitor system file dan memblokir infeks malware secara real time.
Secunia Personal Software Inspector
Software ini mirip dengan Microsoft Baseline Security Analyze (MBSA) ketika memeriksa produk Microsoft. Namun, tidak seperti MBSA, software ini juga memeriksa ratusan aplikasi pihak ketiga yang membuatnya lebih menguntungkan. Ia memiliki cara untuk menentukan apa yang salah dan memperbaikinya.
Windows Defender
Software ini adalah utility anti-spyware gratis untuk Windows. Memang tidak komprehensif, tetapi ia dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dalam melindungi Windows selama Anda menginstallnya sebelum infeksi terjadi. Windows Defender disertakan pada Windows Vista dan Winsta 7, tetapi Anda juga dapat men-download versi untuk Windows XP.
sumber:http://ruangsoftware.com/2011/03/27/tool-anti-malware-gratis/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments