// irfan // On-Jumat, 09 Desember 2011

Android yang pernah mengklaim diri nya dengan system operasi yang bebas dari virus.kini tidak bisa berkata apa – apa ketika Look out , sebuah perusahaan developer keamanan aplikasi telah menemukan bahwa jenis virus jenis Trojan dapat menginfeksi ke handshet pengguna Android yang biasa melalui proses transfer data saat mendownload aplikasi. Virus Trojan ini disebut Geinimi,yang uniknya penyebarannya hanya melalui perangkat – perangkat berbasis android. Setelah virus ini menginfeksi penggunanya dapat menyebabkan system operasi handshet  tidak bisa  dikontrol secara langsung karena telah terinfeksi virus ini. Trojan jenis ini pertama kali muncul di Cina yang kemudian menyebar secara pop up sehinggga dalam bentuk samaran aplikasi basis Android dari pihak ketiga Pihak Android Market. Sehingga sangat mudah bagi user yang mendownloadnya untuk terinfeksi dari virus Trojan ini.

Geinimi yang menyamar kan virusnya dalam bentuk aplikasi game yang banyak dipostingkan di online – store aplikasi berbasis di Cina.contoh Monkey Jump 2, Sex Positions,President vs Alien, City Defense dan masih banyak lagi aplikasi yang berbasis dari Cina. Rumor yang ada telah menyebutkan kalau  virus ini akan mengkorupsi data pribadi pengguna dan secara otomatis akan membuka aplikasi baru yang sebenarnya adalah Virus Trojan Geinimi . Virus ini dalam rupa aplikasi ini kemudian akan mulai mengumpulkan data – data personal handshet. Mulai dari koordinat logaksi ,data nomor  IMEI(pengindentifikasi handshet ), dan SIMCard (IMSI). Setelah itu , virus ini akan meremote system operasi dan menghubungkan koneksi internetnya ke situs – situs dengan domain semacam ini; www.widifu.com, www.udaore.com , www.frijd.com , www.islpast.com , dan www.piajesj.com . Jika semua rencana nya diatas berhasil maka akan secara otomatis Geinimi akan mentransmisikan informasi  – informasi handshet diatas (yang telah digrabbing sebelumnya ) ke servernya.  Sekali koneksi terhubung, maka virus dalam rupa aplikasi ini akan mengarahakan pengguna untuk mendownload dan menginstal aplikasi samara lainnya ataupun  sebaiknya. Dan tentunya ini terjadi tanpa anda sadari oleh pengguna kalau  sebenernya android anda telah dikontrol dari jauh oleh virus tersebut ini.
Wah ngeri banget neh gan, virus yang sangat merugikan bagi penggunanya dan tentunya dapat menguras uang dari para penguna android yang telah diterinfeksi oleh virus ini. Berikut tips untuk  anda para pengguna android untuk tidak terinfeksi oleh virus ini. Tips yang pertama Anda dapat Selektif pada Aplikasi yang terdapat pada Android Market. Sebaiknya mendownload aplikasi yang resmi saja. Dan jika anda memang menginginkan aplikasi dari pihak ketiga anda dapat melihat rating yang dapat anda pertimbangkan untuk mendownloadnya atau tidak. Berikut Beberapa Tips yang bisa saya bagikan buat anda 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments